Thursday, October 25, 2012

Dapatkah Melahirkan Normal, Bila Pernah Caesar?

Dapatkah Melahirkan Normal, Bila Pernah Caesar? | Melahirkan Normal pasca melahirkan caesar


Tidak Semua Ibu yang sebelumnya pernah melahirkan secara caesar, pada persalinan berikutnya harus melahirkan secara caesar pula. Disebabkan oleh kurangnya informasi yang dimiliki oleh para ibu, pada akhirnya banyak ibu hamil pada saat persalinannya kembali melakukan bedah caesar.
Dulu, dokter berpendapat bahwa apabila seorang ibu melahirkan dengan cara bedah caesar maka pada proses persalinan yang akan datang juga harus melakukan hal yang sama. Hal ini disebabkan karena kekhawatiran akan bekas luka operasi pada rahim bisa mengalami pecah saat melahirkan secara normal.
Akan tetapi pendapat itu kini telah berubah dan ibu yang pernah caesar dapat menjalani proses persalinan secara normal pada kehamilan berikut.
Sesungguhnya melahirkan secara normal mempunyai beberapa kelebihan apabila dibandingkan dengan bedah caesar, misalnya proses pemulihan kondisi ibu akan lebih cepat, Resiko timbulnya komplikasi akan lebih kecil seperti mengalami perdarahan yang berlebihan dan infeksi.
Dalam studi yang dilakukan baru - baru ini diketahui bahwa, banyak dari para ibu atau sekitar 3/4 ibu hamil tidak menyadari mengenai fakta-fakta tersebut sehingga mereka cenderung untuk memilih kembali operasi caesar pada proses persalinan berikut. Resiko rahim pecah yang banyak di khawatirkan banyak orang ini presentasenya cukup rendah rata-rata hanya 0,5-1 persen.
"Pointnya adalah bukan mengatakan salah satu pilihan lebih baik dari yang lain, sebab keduanya aman. Tapi apabila ibu hamil mengetahui informasi dengan tepat maka ia dapat mengurangi kemungkinan operasi caesar kembali pada saat persalinan" menurut, ketua penelitian Dr Sarah N Bernstein dari Magee-Womens Hospital di Pittsburgh.
Hasil temuan ini dilaporkan dalam American Journal of Obstetrics & Gynecology yang didasarkan pada survey kepada 155 responden ibu yang sebelumnya pernah melakukan operasi caesar.
Bernstein dan timnya mengungkapkan bahwa semua ibu hamil harus membuat keputusan yang tepat berdasarkan informasi sebanyak mungkin. maka dari itu ibu hamil jangan pernah ragu untuk bertanya agar dapat mengambil keputusan yang tepat pada proses persalinan yang akan datang.
Bernstein menuturkan masing - masing individu perempuan berbeda - beda, oleh sebab itu kuncinya adalah perlunya bertanya kepada dokter. apabila kehamilan pertama terpaksa harus melahirkan secara caesar karena posisi kepala bayi tidak dibawah (bayi sungsang), maka untuk kehamilan berikutnya kesempatan untuk melahirkan secara normal lebih tinggi.

Terima Kasih telah membaca Dapatkah Melahirkan Normal, Bila Pernah Caesar? Semoga bermanfaat