Sunday, October 14, 2012

Tips Makanan Yang Sehat Untuk Wanita Hamil

Tips Ibu Hamil | Makanan Sehat Untuk Wanita Hamil - Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi sangat dibutuhkan untuk ibu selama menjalani masa kehamilan terutama diawal kehamilan atau hamil muda karena pada masa ini janin yang dikandung oleh ibu masih rentan didalam kandungan oleh karena itu makanan sehat untuk wanita hamil sangat disarankan untuk mengurangi resiko keguguran. Disamping itu kesehatan fisik, kenyamanan bathin serta kandungannya dan kondisi tubuh ibu selama hamil harus dijaga baik. Sehingga kelak bayi yang dikandung ibu akan lahir dengan kondisi tubuh yang sehat karena tentu saja ini adalah harapan dari semua orang tua.

Ibu hamil muda pada umumnya sering merasakan mual dan muntah pada pagi hari, dan ini diperburuk dengan kondisi perut kosong. Hal ini dapat dihindari dengan makan sesering mungkin tapi dalam jumlah yang sedikit. Oleh karena itu bila Anda merasa lapar segeralah makan karena bila tidak perut Anda perut anda akan terasa mual. Yang perlu anda ketahui bahwa se mual apapun perut Anda, usahakan agar tetap untuk makan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Karena akibat dari kekurangan zat gizi dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa, seorang wanita hamil apabila mendapatkan asupan gizi yang baik dan cukup sejak masa kehamilan muda mempunyai kemungkinan melahirkan bayi sehat tanpa komplikasi dan sang ibu mampu memproduksi air susu ibu (ASI) yang lebih banyak dan bermutu.

Sangatlah penting bagi seorang bayi yang baru lahir untuk mempunyai berat badan diatas 2500 gram, hal ini diperlukan untuk ketahanan fisiknya kelak. Oleh karena itu seorang ibu hamil sebaiknya harus mendapat makanan yang sehat dan bergizi dalam jumlah yang cukup sehingga bayi yang akan dilahirkan mempunyai kondisi tubu yang sehat karena mendapatkan asupan gizi yang baik dari ibu.

Seorang ibu hamil muda memerlukan makanan yang sehat antara lain adalah untuk pertumbuhan plasenta, peningkatan volume darah, penambahan kualitas dan kuantitas air susunya. Sebaiknya selama masa kehamilan, ibu hamil memperbanyak untuk mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, susu, telur, dan yoghurt.


Agar kesehatan tubuh ibu dan pertumbuhan serta perkembangan janin dapat berjalan dengan baik dan sehat, dibawah ini adalah zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil :

Karbohidrat
Karbohidrat sangat dibutuhkan untuk menunjang proses pertumbuhan dan perkembangan janin didalam kandungan ibu hamil. Karena tubuh ibu hamil membutuhkan sekitar 285 Kilokalori per hari. Beberapa makanan yang kaya akan karbohidrat antara lain Nasi, Jagung, Mie, Roti, Ubi dan Kentang.

Protein
Protein dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu proses pembentukan jaringan tubuh janin atau bayi. Seorang manusia pasa saat kondisi tubuh normal memerlukan protein sekitar 1 Gram dari setiap 1 Kg berat badannya, sedangkan untuk ibu hamil memerlukan protein sekitar 12 gram bagi tubuhnya. Makanan yang banyak mengandung protein antara lain ikan , daging , telur, tahu dan tempe serta kacang-kacangan,

Zat Besi.
Diperlukan untuk terbentuknya plasenta yang baik pada rahim ibu hamil, karena bayi mendapatkan pasokan oksigen, pasokan gizi kedalam tubuhnya melalui plasenta.
Disamping itu zat bersi juga berfungsi bagi tubuh khususnya disaat proses persalinan karena sang ibu akan kehilangan banyak darah.  Makana yang banyak mengandung Zat Besi antara lain daging, hati dan sayuran hijau.

Air
Ibu hamil sangat membutuhkan air dalam jumlah yang lebih banyak dari keadaan kondisi tubuh ibu tidak hamil, karena disaat hamil akan lebih sering kencing dan berkeringat. Tidak jarang diantara para Ibu hamil mengalami mual dan muntah, sehingga sangat disarankan agar meminum air putih yang lebih banyak. Ibu hamil juga dapat mengganti dengan banyak mengkonsumsi jus buah.

Vitamin.
Vitamin B6 untuk mengatur protein yang digunakan oleh tubuh, vitamin B12 dan asam folat membantu pembentukan sel-sel darah merah, vitamin B1 dan vitamin B2 membantu tubunh dalam menghasilkan energi. Makan yang banyak mengandung vitamin ini antara lain sayur-sayuran, buah, sereal, daging, ikan,susu, yoghurt, biji dan kacang-kacangan, hati dan telur. Vitamin D diperlukan karena dapat menyerap kalsium. Makanan yang mengandung Vitamin D antara lain dar sinar matahari pagi, susu, yoghurt, dan mentega.Para ahli menganjurkan bahwa kaum wanita harus membuat perubahan pola makan yang tepat, pada saat mencoba program kehamilan. wanita hamil harus mengkonsumsi setidaknya 300 kalori ekstra sehingga baik ibu dan bayi yang belum lahir bisa mendapatkan jumlah yang cukup dari energi.

Asam lemak omega 3 dan asam lemak DHA.
Ibu hamil disarankan juga untuk mengkonsumsi Seafood atau makanan laut, dengan mengkonsumsi seafood terutama ikan banyak mengandung asam lemak omega 3 dan asam lemak DHA. Karena DHA tidak dapat dihasilkan oleh tubuh manusia, dengan mengkonsumsi seafood maka tubuh ibu hamil akan mendapatkan kedua zat gizi yang sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Makanan laut yang banyak mengandung Asam Omega-3 dan DHA antara lain Ikan salmon, ikan cod, dan tuna namun tidak termasuk tuna kaleng putih, kepiting, ikan lele, udang dan ikan nila. Jenis sayuran yang paling baik dan sehat untuk ibu hamil adalah sayuran berdaun hijau, berwarna gelap dan segar. Karena banyak mengaandung asam folat dan zat besi, yang menunjang perkembangan otak bayi dan perkembangan syaraf. Beberapa sayuran yang banyak mengandung asam folat dan zat besi antara lain bayam, jenis selada, collard hijau, sawi, dan masih banyak lagi. Banyak mengkonsumsi sayuran tersebut juga akan menghindarkan resiko dari cacat lahir.

Waktu makan yang paling baik bagi ibu hamil muda adalah sarapan pagi. Karena rasa lesu menyerang ibu hamil pada saat bangun pagi, hal ini disebabkan oleh kadar gula darah pada tubuh menurun. Energi yang di serap pada saat sarapan sangat bermanfaat untuk anda didalam melakukan kegiatan sepanjang hari.

Berikut makanan sehat untuk wanita hamil:

Telur sebagai sumber protein
Menurut ahli gizi telur mempunyai banyak manfaat, karena didalam sebutir telur terdapat kurang lebih 90 kalori, mineral dan kandungan 12 vitamin, telur banyak mengandung protein, yang sagat baik untuk kehamilan. Karena sel-sel bayi tumbuh secara eksponensial dimana setiap sel tersebut terbuat dari protein. Kandungan kolin didalam telur juga sangat baik bagi kesehatan otak dan pertumbuhan bayi khasiat lain dari kolin adalah dapat mencegah terjadinya cacat pada tabung saraf. Lemak omega-3 yang terdapat dalam telur juga diperlukan bagi pertumbuhan otak dan pergembangan penglihatan bagi bayi.

Agar terhindar dari dampak negatif dari kolesterol yang dimiliki telur, bagi wanita hamil dengan kondisi darah yang normal dapat mengkonsumsi sebanyak 1 hingga 2 buti telur perhari.

Ikan Salmon
Sama halnya dengan telur, ikan salmon juga banyak mengandung protein dengan kualitas yang tinggi dan sumber lemak omega-3, ini sangat baik bagi wanita hamil, selain itu ikan salmon juga memiliki kadar mercury yang rendah.  Dampak negatif apabila mengkonsumsi ikan selain ikan salmon untuk wanita hamil adalah karena beberapa jenis ikan mempunyai kandungan mercury yang tinggi  yang berbahaya karena  mengganggu proses perkembangan system syaraf bayi didalam kandungan. Agar terhindar dari bahaya zat mercury pada ikan salmon, cukup bagi wanita hamil untuk mengkonsumsi sebanyak 12 ons per minggu.

Kacang – Kacangan
Manfaat mengkonsumsi kacang untuk wanita hamil sangat baik karena kaya akan protein dan mangandung serat terbaik dan kadar yang dimiliki oleh kacang – kacangan adalah yang paling banyak dari semua sayuran. Selama masa kehamilan, saluran pencernaan ibu hamil melambat yang beresiko terjadinya sembelit dan wasir. Dengan kadar serat yang baik didalam tubuh ibu hamil maka resiko tersebut dapat dikurang dan dicegah, Disamping itu, makanan yang banyak mengandung serat kaya akan kandungan gizi, karena biji bijian adalah sumber yang baik dari besi, folat, kalsium, dan seng.

Ubi jalar
Ubi jalar memiliki warna orange yang terdiri dari karotenoid, ini akan diolah oleh tubuh menjadi vitamin A. walaupun dapat menimbulkan dampak negatif apabila mengkonsumsi vitamin A yang berlebihan namun tidak perlu untuk membatasi konsumsi vitamin A yang kaya buah-buahan dan sayuran.  Ubi jalar juga adalah sumber vitamin C, asam folat, dan serat. Seperti halnya kacang kacangan, ubi jalar juga murah dan mudah didapatkan.

Popcorn.
Popcorn yang terbuat dari gandum. Karena seluruh butir sangat penting selama kehamilan ini dikarenakan gandum mempunyai kandungan serat yang tinggi dan kaya akan nutrisi, diantaranya vitamin E, selenium, dan fitonutrien.
Walnut
Apabila anda tidak suka memakan ikan atau telur, namun ingin mendapatkan asupan omega-3 karena sangat penting untuk pertumbuhan otak bayi Anda? Anda bisa mencoba walnut, karena merupakan salah satu sumber nabati omega-3 terkaya.

Yogurt Yunani
Yoghurt yunani mempunyai kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan protein pada yogurt biasa, ini menjadikannya sebagai salah satu makanan yang baik dan sehat serta disarankan selama ibu menjalani kehamilan. Disamping itu segala jenis yoghurt adalah sumber kalsium, yang bermanfaat dalam diet selama kehamilan. Apabila anda tidak mendapatkan cukup asupan kalsium selama masa kehamilan, maka jumlah kalsium yang masuk kedalam tubuh bayi anda didalam kandungan ibu juga akan terbatas. karena kalsium menjaga kualitas tulang pada tubuh anda, kalsium juga sangat berperan dalam pembentukan kerangka yang sehat bagi bayi Anda.

Sayuran Daun Berwarna Hijau Tua.
Sayuran Daun yang berwarna hijau tua. kaya akan vitamin dan nutrisi, termasuk vitamin A, C, dan vitamin K, serta asam folat yang sangat sangat penting bagi tumbuh kembang jani serta guna meningkatkan kesehatan mata.

Daging tanpa Lemak
Daging adalah sumber protein berkualitas tinggi, carilah daging tanpa lemak atau lemak yang telah dipisahkan. Ketika membeli daging merah, sangat susah untuk mendaptkan daging yang bebas lemak. Jangan makan hot dog, meskipun, kecuali jika dagingnya dipanaskan dengan uap panas. Ada risiko kecil untuk dalam makanan seperti ini karena bisa menjadi perantara bakteri dan parasit dari daging seperti toxoplasma Listeria monocytogenes, atau salmonella pada bayi.

Buah-buahan dan sayuran Beraneka Warna
Makan berbagai berbagai warna sayur serta buah seperti warna hijau, merah, oranye, kuning, ungu, putih akan memastikan bahwa Anda dan bayi Anda mendapatkan berbagai nutrisi. Setiap kelompok warna yang berbeda memberikan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Keuntungan lain di seluruh spektrum makan buah dan sayuran adalah Selama tahap akhir kehamilan, bayi ‘mencicipi’ makanan yang Anda makan melalui cairan ketuban. Jadi jika Anda sudah memperkenalkan bayi Anda pada berbagai buah-buahan sehat dan sayuran dalam rahim, Anda akan meningkatkan peluang bayi Anda akan mengenali dan menerima mereka rasa nanti.


Beberapa makanan yang Yang harus dihindari selama masa kehamilan, yaitu :

  • Jangan Mengkonsumsi makanan yang diawetkan terutama yang banyak mengandung pewarna serta pemanis buatan, seperti makanan kaleng dan kemasan.
  • Tidak mengkonsumsi Snack atau Makanan Ringan seperti keripik kentang dan minuman bersoda.
  • Hindarkan dari mengkonsumsi daging dan seafood yang tidak diolah secara sempurna atau setengah matang, karena makanan setengah matang masih banyak mengandung kuman yang dapat membahayakan janin anda.
  • Tidak mengkonsumsi alkohol, karena bisa membahayakan janin.
  • Jangan merokok, karena kandungan nikotin dalam asap rokok menghalangi suplai darah kedalam plasenta.
  • Tidak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung Kafein seperti kopi dan cokelat. Karena kafein dapat menimbulkan naiknya tekanan darah.
  • Berusaha agar menghindari daerah yang mempunyai tingkat polusi udara tinggi seperti suatu daerah yang terlalu banyak asap kendaraan, karena banyak mengandung zat timah hitam atau timbal yang dapat mengakibatkan cacat dan kematian pada bayi.
  • Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung penyedap rasa

Dibawah ini beberapa contoh Makanan dan Menu Sehat untuk Ibu Hamil :

  • Pagi  :  Nasi goreng, roti bakar, telur mata sapi, segelas susu atau Jus buah,
  • Siang : Nasi Putih, Sayur Bening, Ikan Bumbu Kuning, Tahu Goreng, Lalapan dengan sambal yang pedas, dan buah jeruk.
  • Malam : Nasi Putih, Bistik daging dan sayuran, Bakwan jagung, selada buah dan segelas      susu saat hendak tidur.

Itulah beberapa Tips Makanan Yang Sehat Untuk Wanita Hamil, Semoga bermanfaat buat anda.