Tuesday, October 16, 2012

Tips Ibu Hamil Dalam Memilih Bra

Tips Ibu Hamil Dalam Memilih Bra - Seiring bertambahnya usia kehamilan, tubuh ibu hamil juga akan mengalami perubahan, selain bentuk perut yang tambun atau gendut juga bentuk payudara akan lebih besar. Untuk itu selama masa kehamilan agar sang ibu tetap merasa nyaman, perlu juga untuk memilih ukuran bra yang sesuai.

 

Berikut ini beberapa tips bagi ibu hamil dalam memilih bra :



1. Mengganti bra yang berkawat dan berbahan busa.
Kawat pada bra menyebabkan payudara terasa tidak nyaman dan bisa menimbulkan rasa sakit pada payudara ibu hamil, begitu pula halnya dengan bra berbahan busa karena pada dasarnya bra berbahan busa dirancang agar betnuk payudara lebih menonjol. Oleh karena itu agar ibu hamil merasa nyaman pada payudaranya harus mengganti bra kawat dan busa. Payudara ibu hamil ukurannya berubah menjadi lebih besar sebagai persiapan untuk memproduksi ASI.

2. Pilihlah Cup penuh tali lebar
Sebaiknya bagi para ibu hamil memilih bra yang mempunyai bahan lembut dan nyaman dengan model cup atau mangkok penuh yang dapat menyangga seluruh permukaan dari payudara ibu hamil. Tali bra yang lebar juga lebih baik karena dapat mengikat secara kuat payudara agar tetap pada tempatnya.

3. Carilah Bra Yang Meiliki Banyak Kait
Bra yang memiliki banyak kait di belakang, akan memudahkan ibu hamil karena bisa dipasang dan sesuai keinginan ibu hamil.

4. Memilih Bra Untuk Menyusui
Perlu pula bagi ibu hamil untuk menyediakan bra menyusui yang meiliki bukaan pada bagian depan. Selain karena ukuran bra menyusui sangat sesuai bagi usia kehamilan diusia trimeste ketiga, bra menyusui juga dapat dipersiapkan untuk kebutuhan menyusui setelah melahirkan. 

5. Beli 7 buah
Bra model "mama" ini boleh jadi memang bukan favorit Anda. Jadi, Anda tak perlu membeli banyak apalagi jika tidak bermaksud menggunakannya kembali setelah melahirkan. Cukup sediakan 7 bra yang bisa digunakan bergantian selama satu minggu.

6. Ada harga ada rupa
Bra berkualitas khusus ibu hamil atau menyusui umumnya sudah mempertimbangkan pemilihan bahan, cutting, model, sehingga lebih nyaman digunakan. Biasanya bra khusus ini dibanderol dengan harga lebih tinggi. Untuk kenyamanan ibu hamil tak ada ruginya memiliki bra yang dirancang khusus ini.

7. Menyiiapkan Bra untuk 2 periode
Bila Anda membeli pada trimester pertama atau kedua, jangan lupa bahwa Anda akan memerlukan bra untuk trimester terakhir dan pada saat menyusui. Pada waktu membeli bra pada trimester pertama, jangan membeli yang ukurannya agak longgar hanya agar dapat dipakai pada trimester terakhir. Pada trimester terakhir ukuran tersebut belum tentu sesuai dan bisa berubah. Jadi, pada trimester terakhir sebaiknya Anda sekaligus membeli bra yang dirancang untuk menyusui. Dengan demikian Anda dapat berhemat.

8. Perawatan
Agar bra untuk ibu hamil awet selama kehamilan, sebaiknya jangan mencuci bra di mesin cuci. Cukup kucek bra dengan sabun cair atau deterjen khusus pakaian dalam. Dalam pemakaian, sebaiknya ganti bra setiap sehari dua kali untuk memastikan kebersihannya. Saat tidur, sebaiknya lepaskan kaitan bra atau lepaskan bra agar lebih nyaman.