Thursday, November 22, 2012

Tips Mengatasi Rasa Sakit Saat Persalinan


Pada umumnya setiap wanita hamil menginginkan agar kelak disaat proses persalinan dapat menjalaninya secara alami atau melahirkan secara normal, disamping karena proses melahirkan secara normal sangat disarankan oleh medis, juga dapat mengindikasikan jika janin yang dikandung sang ibu mempunyai kesehatan yang baik.

Proses persalinan normal sangatlah berharga dan menjadi masa - masa yang tidak terlupakan serta menjadi moment penting dalam hidup seorang ibu, karena setelah melewati perjuangan yang berat yang berbaur dengan segala macam perasaan yang ada didalam benak sang ibu disaat melahirkan normal, hal ini akan terbayar dengan perasaan bangga memiliki kesempurnaan sebagai seorang ibu sejati karena proses melahirkan normal dapat dilewati dengan penuh kesabaran, curahan tenaga serta pikiran curahan mental sang ibu agar dapat melahirkan normal dengan selamat.


Untuk sekedar membantu meringankan beban para ibu hamil khususnya yang hendak menjalani proses persalinan secara normal, agar selama proses persalinan normal ini ibu dapat mengatasi beban pikiran akibat rasa sakit yang ditimbulkan saat melahirkan, berikut ini tips agar ibu dapat mengatasi rasa sakit saat menjalani proses melahirkan normal :

Panjatkan Doa Kepada Tuhan

Semua kehidupan di dunia ini tentu ada yang mengaturnya,yaitu Sang Pencipta Tuhan Yang Maha Esa. Karena takdir_Nya lah yang telah menentukan segala sesuatu apa yang ada di dunia ini, termasuk juga proses melahirkan yang akan di lalui oleh sang ibu, Jadi untuk mengatasi rasa sakit serta perasaan takut dan beban mental dikala melahirkan normal sangat disarankan agar Ibu memanjatkan Doa kepada Sang Khalik sebagai pencipta semua mahluk yang ada di bumi dan dilangit, dengan berdoa secara ikhlas dan memohon pertolongan_Nya (tentunya sesuai agama dan kepercayaan masing-masing) mudah-mudahan proses persalinan normal sang ibu dapat berjalan dengan baik dan mendapat keselamatan baik sang ibu maupun sang bayi yang baru dilahirkan.

Tingkatkan Perasaan Yakin dan Percaya

Dengan meningkatkan perasaan yakin dan percaya (tentunya kepada Tuhan), serta menghilangkan imajinasi atau pikiran bahwa proses melahirkan secara normal sangat menyakitkan sang ibu. Karena apabila imajinasi rasa sakit ini menghantui diri sang ibu, maka rasa sakit itupun akan menjadi kenyataan karena beban pikiran tersebut. Yakinkanlah dalam benak dan pikiran ibu, bahwa proses melahirkan dapat di lalui tanpa proses yang menyakitkan dan juga para ibu-ibu lain di dunia telah melalui proses ini dengan selamat, jadi ibu harus percaya bahwa jika mereka bisa pasti Anda pun bisa melaluinya. Rasa yakin dan kepercayaan yang kuat akan membawa sugesti yang positif pada psikologis ibu, sehingga dapat membantu menghadapi proses melahirkan normal.

Lakukan Jalan-jalan Kecil

Apabila saat kontraksi belum mencapai puncak, serta menurut pihak medis Anda masih mempunyai sedikit waktu luang sebelum melahirkan sebaiknya manfaatkanlah kesempatan ini untuk melakukan kegiatan dengan sekedar berjalan - jalan kecil disekitar ruangan persalinan. Aktifitas kecil ini dapat membantu ibu untuk memperlancar proses melahirkan.

Tumbuhkan Perasaan Santai

Perasaan tegang karena beban pikiran dari sang ibu akan mengakibatkan otot-otot pada tubuh ibu menjadi lebih kaku. apabila ini terjadi, bisa menimbulkan rasa sakit saat proses persalinan. Proses melahirkan normal menginginkan otot pada tubuh san ibu khususnya daerah sekitar pinggul, perut dan paha lebih rileks. Dengan menumbuhkan perasaan santai saat persalinan akan membuat otot tubuh sang ibu pun menjadi lebih luwes.

Mintalah Dukungan Dari Suami dan Keluarga

Proses persalinan merupakan moment penting bagi sang ibu. Guna menambah rasa yakin, percaya diri, serta perasaan santai diatas, tentunya disamping timbul dari diri sang ibu juga diperlukan dukungan dari orang - orang tersekat sang ibu misalnya suami dan juga keluarga, agar proses persalinan ini dapat berjalan dengan lancar dan selamat. Dukungan dari orang-orang terdekat khususnya suami, akan menimbulkan motivasi yang lebih dalam diri sang ibu. Dengan rasa cinta dan perhatian suami yang ikhlas tercurah akan menjadi daya kekuatan yang luar biasa bagi ibu sehingga kekhawatiran akan rasa sakit saat proses melahirkan menjadi hilang.

Menggunakan Teknik Pernafasan Yang Benar

Selama proses melahirkan sangat dibutuhkan curahan tenaga yang besar dari sang ibu. apabila ibu tidak dapat mengatur tenaga disaat proses persalinan ini, maka proses ini akan terasa begitu lama dan tentunya perasaan Ibu akan semakin tersiksa. Teknik yang bisa Ibu gunakan untuk mengatur tenaga atau energi dalam tubuh adalah dengan melakukan teknik pernafasaan yang teratur dan dilakukan secara benar. Karena disamping bisa membantu menjaga kestabilan energi tubuh ibu, pasokan oksigen dalam tubuh juga lebih baik, serta menimbulkan rileksasi

Pusat Titik Perhatian

Cara lain yang juga patut ibu lakukan adalah dengan memusatkan titik perhatian disaat proses melahirkan berjalan. Cara ini dapat dilakukan dengan cara membawa sesuatu benda/barang milik anda yang nantinya ibu memusatkan pandangan atau perhatian ibu kepada benda tersebut disaat menjalani proses melahirkan. Barang tersebut misalnya saja photo keluarga maupun benda lain yang menjadi kesayangan ibu. dengan menempuh cara ini, bisa menimbulkan perasaan nyaman saat menjalani proses persalinan. Ibu juga bisa mendengarkan musik kegemaran Ibu untuk menentramkan hati.

Semoga proses melahirkan normal ibu berjalan denganlancar dan selamat...amin