Friday, October 19, 2012

Bayi Yang Dilahirkan Secara Normal IQ Lebih Cerdas

Apabila ibu hamil sudah siap untuk melahirkan, sebaiknya anda memilih untuk melahirkan secara normal, Jika anda tidak mempunyai indikasi medis yang mengharuskan ibu hamil melahirkan dengan cara operasi caesar, Karena perlu ibu hamil ketahui bahwa, bayi yang menjalani proses kelahiran secara normal IQ bayi akan lebih cerdar atau mempunyai IQ tinggi dibandingkan dengan bayi yang dilahirkan melalui operasi caesar.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan Yale University, Amerika serikat, Para ibu yang melahirkan secara normal akan meningkatkan kadar protein pada otak bayi sehingga IQ yang dimiliki bayi lebih tinggi sehingga membuat anak akan lebih cerdas.

Meningkatnya kadar protein, atau disebut pula Uncoupling Proteins 2 pada bayi yang dilahirkan secara normal membuat memori pada otak bayi meningkat terutama meningkatnya memori jangka penjang dan jangka pendek karena ini adalah faktor utama dari tingkat keceradasan otak manusia. Disamping mampu meningkatkan kecerdasan otak pada anak, protein Uncoupling Proteins 2 (UCP2) ini juga sangat bermanfaat untuk membuat bayi akan meminum Air Susu Ibu (ASI.).

Para ahli tersebut mendapatkan hasil dari penelitian setelah mereka melakukan studi pada Otak Tikus dibagian hippocampal yang dilahirkan dengan cara normal dan otak tikus yang dilahirkan secara caesar. Fakta yang diperoleh adalah, tikus yang dilahirkan dengan operasi caesar memiliki kadar protein Uncoupling Proteins 2 lebih rendah dan berdampak terjadinya gangguan tingkah laku setelah tumbuh menjadi dewasa.

Temuan ini hadir pada saat munculnya sejumlah kontroversi diantara para ahli mengenai bedah caesar. Diantara kritik tersebut adalah bedah caesar dapat meningkatkan resiko perdarahan internal saat kelahiran. Selain itu, bedah caesar juga dinilai bisa menyebabkan hadirnya masalah fertilitas perempuan di kemudian hari. Mereka yang menolak kelahiran caesar ini menyalahkan selebritas seperti Victoria Beckham dan Zoe Ball. Dua selebritas itu dianggap telah membuat lebih banyak kaum perempuan melakukan hal yang sama dalam melahirkan anak-anak mereka.

"Hasil penelitian ini mengungkap peran penting UCP2 yang potensial dalam perkembangan sirkuit otak dan perilaku yang terkait," kata salah satu peneliti, Tamas Horvath.

Hasil temuan ini dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE. Dia menambahkan, peningkatan prevalensi caesar yang dilakukan kaum perempuan didorong oleh rasa nyaman dibanding pertimbangan medis. Padahal hal ini bisa berakibat pada pengaruh yang tidak terduga pada perkembangan otak. "Kami menemukan bahwa kelahiran normal memicu ekspresi UCP2 pada sel-sel neuron yang terletak pada area hippocampal otak."