Saturday, October 13, 2012

Cara Mengetahui Tanda Awal Datangnya Kehamilan


Bagaimanakah Cara Mengetahui Awal Datangnya Kehamilan – Setelah pasangan suami isteri melakukan Program  kehamilan Agar Ibu Cepat Hamil, apabila sang isteri telah merasakan suatu perubahan atau perbedaan pada tubuhnya maka anda perlu untuk mengetahui apakah kehamilan yang anda dan pasangan harapkan telah datang, karena dengan mengetahui bagaimana tanda di awal kehamilan pada wanita, tentunya hal ini membawa manfaat yang baik bagi kita untuk menjaga calon bayi yang bakal dikandung sang ibu.

Pada umumnya dikalangan wanita meyakini bahwa gejala awal kehamilan hanya di lihat dari proses terlambatnya menstruasi atau datang bulan yang merupakan rutinitas bagi kaum perempuan, hal ini memang benar adanya namun perlu anda ketahui bahwa apabila seorang wanita mengalami terlambat bulan belum tentu itu adalah proses awal kehamilan, karena gangguan terlambat bukan pada wanita dapat diakibatkan oleh beberapa faktor antara lain ; karena kelelahan, adanya gangguan pada hormonal, faktor stress dan sebagainya.

Agar kita dan pasangan tidak salah menduga mengenai datangnya kehamilan maka perlu bagi anda para wanita mengenali proses awal dimulainya kehamilan, berikut beberapa cara untuk mengetahui tanda awal proses kehamilan tersebut :

  • Terlambatnya Proses Menstruasi atau Haid - Seperti disebutkan diatas, hal ini perlu diketahui secara pasti karena proses haid yang tidak tepat waktu juga dapat disebabkan oleh faktor lain.
  • Bentuk Payudara Akan Membesar- Apabila seseorang sedang hamil, maka akan terjadi perubahan pada payudaranya yaitu ukuran payudara akan lebih besar dari ukuran biasanya. Itu dikarenakan oleh meningkatnya produksi hormon esterogen dan progesteron pada tubuh anda. Selain itu payudara anda akan terasa lebih lembut , sehingga wanita akan mengalami sensitifitas yang lebih karena payudara anda akan terasa sakit dan saat dipegang akan merasakan nyeri, Di bagian puting juga akan mengalami pembesaran serta perubahan pada warna yang semakin gelap, diantara para wanita ada juga yang mengalami rasa gatal pada daerah sekitar payudaranya. Pembuluh vena yang terdapat pada payudara akan semakin terlihat disebabkan oleh proses payudara yang mengencang. Juga terjadi  aktivitas hormon HPL (Human Placental Lactogen) dimana hormon tersebut diproduksi oleh tubuh pada saat proses kehamilan pada ibu sedang terjadi karena tubuh memproduksi ASI bagi bayi anda kelak.
  • Terdapat Flek atau Bercak darah - Flek ini biasanya berwarna kecoklatan yang menempel pada pakaian dalam wanita, kemudian wanita juga merasakan kram pada perutnya, Bercar darah akan muncul sebelum terjadinya proses menstruasi pada bulan berikutnya, hal ini biasa terjadi antara 8 hingga 10 hari setelah terjadinya proses ovulasi atau pembuahan pada rahim wanita, ini disebabkan oleh adanya implantasi atau implantation bleeding yaitu proses menempelnya embrio pada dinding rahim. Terkadang diantara wanita mengira bahwa munculnya bercak darah tersebut disaat mengalami kehamilan dikira adalah proses menstruasi. 
  • Mengalami Kram Perut - Kram pada perut ketika proses terjadinya kehamilan akan terjadi secara teratur dan kondisi ini, akan terus berlanjut hingga kehamilan memasuki trimester kedua. Hingga letak Uterus posisinya berada ditengah dan disangga oleh panggul.
Sering Mual dan Muntah

  • Sering Mual dan Muntah - Hampir sebagian besar wanita pada saat mengalami proses awal kehamilan akan memiliki tanda ini yaitu wanita akan merasakan mual dan muntah - muntah. ini disebabkan meningkatnya hormon HCG (Human chorionic Gonadotrophin) yang terjadi secara tiba-tiba didalam aliran darah. Peningkatan hormon HCG selain terjadi pada darah, juga terjadi pada saluran kencing. Oleh karena itu alat test kehamilan dilakukan pada media air kencing. ini dilakukan untuk dapat mengukur terjadinya peningkatan kadar hormon HCG tersebut. proses ini akan menyebabkan efek perih dibagian lapisan perut sehingga menimbulkan rasa mual, proses mual dan muntah ini pada umunya akan hilang dengan sendirinya pada sat kehamilan memasuki trimester kedua. Jika, rasa mual dan muntah masih terjadi pada usia tersebu, maka anda perlu untuk melakukan konsulatasi dan pemeriksaan ke doktert. rasa mual dan muntah ini terkadang dapat terjadi hanya karena sang ibu mencium bau atau wangi tertentu, nah proses ini umum kita ketahui sebagai mengidam.
  • Sering buang air kecil atau serin kencing - Diantara para wanita yang hamil diantarnya ada juga yang mengalami sering kencing. Ini karena janin yang tumbuh didalam rahim ibu menekan kandung kemih sehingga mengakibatkan peningkatan sirkulasi darah. kandung kemih akan lebih cepat dipenuhi oleh cairan urine sehingga rasa untuk buang air kecil lebih sering terjadi dari biasanya. walaupun proses ini cukup merepotkan namun ada baiknya anda jangan menahannya. hindarkan pula dehidrasi dengan mengkonsumsi air minum yang banyak.
  • Merasakan Pening dan Sakit Kepala- ini disebabkan karena rasa lelah yang diakibatkan mual dan muntah-muntah, lapar dan turunnya tekanan darah. Pengaruh hormonal lain mengakibatkan sang ibu menjadi emosional dan timbul perasaan tegang serta mengalami depresi. Perasaan pusing ini juga diakibatkan karena pasokan aliran darah didalam tubuh kurang lancar disaat ibu bergerak atau merubah posisinya.

Rasa Lelah Dan Mengantuk

  • Adanya Rasa Lelah dan Mengantuk Yang Berlebih - Bagi sebagian ibu hamil ada pula yang mengalami sering mengantuk dan keinginannya selalu tiduran, ini disebabkan oleh terjadinya perubahan hormonal. Juga dikarenakan bertambahnya kinerja beberapa organ vital pada tubuh seperti Paru-patu, jantung dan ginjal . Organ-organ ini bekerja lebih dari biasanya karena mencukupi kebutuhan tubuh ibu bagi pertumbuhan serta perkembangan janin. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan maka perut sang ibu juga akan semakin membesar.
  • Sering meludah - ini di akibatkan karena adanya perubahan pada hormon estrogen, umumnya terjadi pada kehamilan trimester pertama. proses ini juga akan sembuh dengan sendirinya menghilang pada saat usia kehamilan ibu memasuki trimester kedua
  • Naiknya temperatur basal tubuh - Suhu basal pada tubuh ibu akan meningkat dan proses ini akan tetap bertahan selama terjadinya kehamilan.

Tanda- tanda awal datangnya kehamilan serta keluhan kehamilan pada wanita ini bermacam - macam tidak semua wanita mengalami hal yang sama. Ada yan berat, bahkan ada pula sebagian wanita diawal kehamilannya tidak mengalami keluhan apapun. 
Tes Urine

Apabila tanda awal datangnya kehamilan tersebut diatas belum terjadi pada diri anda atau isteri anda, anda dapat pula meyakinkan dengan melakukan test kehamilan yang lain, yakni dengan melakukan tes kehamilan pada air seni atau urine. Lebih baik lagi apabila anda langnsung memeriksakan diri anda ke dokter dengan melakukan test USG.

Semoga Cara Mengetahui Awal Datangnya Kehamilan ini bermanfaat buat kita semua khususnya kaum wanita,..trims