Wednesday, October 17, 2012

Manfaat Olahraga Selama Kehamilan

Manfaat Olahraga Ibu Hamil | Tips Memilih Jenis Olah Raga Ibu Hamil

Selama ibu hamil menjalani kehamilannya, organ-organ tubuh ibu hamil akan bekerja ekstra dua kali dari kondisi normal karena tubuh ibu hamil saat ini menopang kehamilan. Maka dari itu, kebanyakan para ibu yang hamil akan mudah mengalami rasa lelah, sering mengalami sakit pada bagian pinggang, gampang terserang sakit kepala, pening danmasih banyak lagi keluhan lain. 

Selama ibu hamil menjalani kehamilan sebaiknya tidak melakukan kegiatan atau aktivitas yang berlebihan karena hal ini dapat mengakibatkan ibu hamil kelelahan, dengan banyak beristirahat akan membantu ibu hamil selalu terjaga kondisinya dalam melalui kesehariannya selama masa kehamilan. Akan tetapi bukan berarti ibu hamil harus bermalas - malasan dan tidak melakukan aktivitas apapun, selama menjalani kehamilan melakukan kegiatan olahraga untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh sangat baik untuk dilakukan. Dan pastinya dengan olahraga yang sesuai untuk dilakukan oleh ibu hamil.

Dengan berolahraga akan sangat bermanfaat karena dapat memperbaiki dan menjaga mood ibu hamil, akan lebih merasakan kenyamanan tubuh pada saat tidur, mengurangi dan mengatasi rasa pegal, mengurangi sakit pinggang serta ngilu pada tubuh. Disamping itu itu dengan melakukan olahraga, ibu hamil akan lebih siap untuk menghadapi proses persalinan, karena tubuh yang tersbiasa melakukan olahraga selama kehamilan akan memiliki daya tahan tubuh dan otot yang terlatih. olahraga yang dilakukan secara rutin selama masa kehamilan juga akan memudahkan ibu untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah proses persalinan.

Manfaat utama dari olahraga selama kehamilan adalah memperbaiki kinerja jantung, dapat menjaga berat badan ibu hamil yang ideal, menjaga kebugaran tubuh, mempersiapkan otot-otot ibu hamil guna proses persalinan tanpa menyebabkan terjadinya stress atau gangguan pada janin yang sedang di kandung sang ibu.
Dibawah ini beberapa jenis olahraga yang dapat ibu hamil lakukan, akan tetapi tidak semua ibu hamil dapat melakukannya, karena tergantung oleh kondisi masing – masing ibu hamil. oleh karena itu sebaiknya sebelum ibu hamil melakukan aktivitas berolahraga terlebih dahulu konsultasikan dokter anda kira – kira jenis olah raga apa yang paling cocok untuk anda lakukan.


Olah Raga Ibu Hamil - Jalan Kaki
Adalah jenis olah raga terbaik yang dapat dilakukan oleh ibu hamil selama menjalani kehamilan. Jalan kaki sangat baik dilakukan karena dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh dan juga akan menjaga fitalitas dan kebugaran tubuh ibu hamil. Olahraga jalan kaki adalah olah raga yang palling simpel karena dapat dilakukan oleh siapa saja, murah karena tanpa biaya tentunya, tidak membutuhkan peralatan pendukung, dan dapat dilakukan di mana saja. Olah raga ini bisa ibu hamil lakukan hingga masai kehamilan mendekati proses persalinan.
Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists ibu hamil bisa melakukan olah raga dengan berjalan kaki selama 30 menit per hari.
Selama melakukan melakukan olahraga ini agar ibu hamil menghindari dehidrasi, oleh karena sebaiknya selalu menyediakan air minum selama jalan kaki atau jangan melakukannya pada saat terik panas di siang hari. Begitu pula, hindari melakukan jalan kaki saat malam hari. Hindari pula jalan kaki dengan jalur yang menanjak.Hentikan olah raga jalan kaki, jika ibu hamil mengalami perdarahan, sesak nafas, mengalami kontraksi, pusing, mengalami sakit dada, sakit atau kram pada betis, dicurigai adanya pecah ketuban atau setelah jalan kaki adanya kondisi dimana janin pergerakannya jadi berkurang.

Olah Raga Ibu Hamil - Berenang
para ahli kesehatan menyatakan bahwa berenang merupakan salah satu olahraga terbaik bagi ibu hamil. berenang sangat baik sebab sangat bagus melatih otot otot besar (kaki dan tangan). Memberi manfaat bagi kinerja jantung dan juga mempermudah menurunkan berat badan bagi ibu hamil yang over weight. Selain itu olahraga berenang dapat menghindarkan ibu hamil dari dehidrasi . Namun meskipun demikian disarankan ibu hamil setiap 15 menit sekali minum satu gelas air selama melakukan olahraga renang dan satu gelas setelah selesai. Olahraga berenang sendiri bisa dilakukan ibu hamil selama 30 menit dalam sehari. Gaya dada cocok dilakukan oleh ibu hamil karena tidak membutuhkan banyak putaran seperti pada gaya bebas juga hanya membutuhkan tenaga yang minim. Selain itu gaya punggung juga baik dilakukan oleh ibu hamil saat renang karena air dapat mengurangi efek gravitasi pada tubuh dan dengan posisi terlentang menghindari resiko terganggunya aliran darah.
Olah Raga Ibu Hamil - Senam Hamil
Meskipun ibu hamil bisa melakukan senam secara sendiri berdasarkan DVD yang banyak beredar namun akan lebih baik jika ibu hamil melakukan senam hamil dipandu oleh ahli atau mengikuti kelas-kelas hamil yang saat ini banyak berdiri. Selain mendapatkan kebugaran dan panduan yang tepat , ibu dapat berinteraksi dengan ibu ibu hamil lainnya sehingga makin memperbanyak pengetahuan dan berbagi pengalaman dengan yang lain. Dengan melakukan senam hamil, dapat menambah kesehatan dan kebugaran ibu hamil beserta janinnya . Selain itu senam hamil dapat membantu melenturkan dan menguatkan otot-otot yang diperlukan saat persalinan nanti sehingga akan mempermudah proses persalinan.

 Olah Raga Ibu Hamil - Yoga
Sama halnya dengan senam hamil, jika ibu hamil ingin melakukan yoga ada baiknya mengikuti kelas-kelas yoga dengan panduan ahli. Selain membantu kebugaran tubuh ibu hamil, kelebihan yoga adalah melatih pernapasan dan relaksasi ibu hamil yang sangat penting diperlukan saat persalinan nanti karena, pada saat persalinan nanti dibutuhkan teknik-teknik pernapasan yang baik dan ibu hamil yang rileks dan yoga bisa membantu mewujudkan itu. Relaksasi yang dihasilkan dari latihan yoga dapat membuat ibu hamil menjalani hari-harinya dengan tenang, juga mampu mengurangi rasa takut akan proses persalinan.

Olah Raga Ibu Hamil - Latihan beban
Manfaat dari latihan beban salah satunya adalah mengurangi terjadinya ibu hamil mengalami cidera dan membuat otot-otot disekeliling sendi menjadi lebih kuat. Selain itu dapat membantu menjaga stamina tubuh yang sangat diperlukan selama kehamilan dan persalinan. Lakukan latihan angkat beban yang sederhana dan yang bisa juga dilakukan dirumah. Gunakan beban maksimal setengah dari berat beban normal. Sediakan air minum selama latihan berlangsung.
Olah Raga Ibu Hamil - Peregangan Otot
Dengan melakukan latihan peregangan dapat membantu fleksibilitas tubuh ibu hamil yang diperlukan saat proses persalinan dan juga dapat membantu mengurangi rasa sakit saat persalinan. Latihan peregangan juga dapat membantu relaksasi ibu hamil.
Mengingatkan kembali melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum ibu hamil melakukan olahraga.

Sumber : Bidanku